Sosialisasi PTSL DI Desa Tlogoagung

Tlogoagung SID: Badan Pertanahan Nasional Kabupeten Tuban  Bekerja sama dengan Pemerintah Desa Tlogoagung  melaksanakan Sosialisasi dalam rangka mensukseskan PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) di Balai Desa Tlogoagung (Selasa, 23/01/2018). Sosialisasi ini dihadiri oleh masyarakat dari 6 Dusun yakni Dusun Nggetas, Dusun Banjarsari, Dusun Kelet, Dusun Tagean, Dusun Kebonagung dan Dusun Babatan.

Bapak Kacung dari Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Tuban menyampaikan Tahun ini Desa Tlogoagung Kembali mendapatkan Program Pemerintah Kembali, yang tahun lalu mendapatkan 750  bidang tanah, dan untuk tahun ini semoga Desa Tlogoagung Lebih banyak masyarakat yang mendaftarkan Tanahnya. dimana Desa Tlogoagung  direncakan semua bidang tanah diukur semua, termasuk yang tidak mendaftarkan tanahnya.Semoga Desa Tlogoagung mampu memenuhi 2.000 kuota. Oleh sebab itu Desa Tlogoagung yang menjadi Desa pendamping mendapatkan kurang lebih 1.000 kuota untuk memenuhi kekurangan di Desa Tenggerkulon dan Desa Ngujuran. Program PTSL ini tidak dipungut biaya apapun (gratis) dan diwajibkan bagi masyarakat yang tidak memiliki sertifikat tanah. Terkait tentang besaran pungutan PTSL di masing masing wilayah Desa/Kelurahan acuannya sudah jelas mengacu pada putusan 3 menteri yakni, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PDT dan Transmigrasi, dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang, bahwa nominalnya tidak boleh lebih dari 400.000 yang diperuntukkan untuk meterai dan tapal batas tanah.

Kepala Desa Tlogoagung Bapak Ngusman, menyampaikan tentang besaran pungutan akan dibahas dengan Badan Permusyawaran Desa (BPD) dan akan dituangkan dalam Peraturan Desa (Perdes). Beliau juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak perlu memikirkan besarnya biaya yang diperlukan, karna akan dimusyawarahkan bersama, yang terpenting adalah masyarakat mau untuk membuat sertifikat.

Tim dari Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Tuban akan turun langsung kemasyarakat selama Kurang lebih  14 hari untuk mendata masyarakat yang akan membuat sertifikat tanah, adapun  syarat yang harus dilengkapi adalah  KTP, KK, SPPT dan Hak pendukung Lainya, dan ditargetkan bulan Agustus  2018 sertifikat sudah terbit. (Rosyid)

 

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)